FAKULTAS ILMU KEISLAMAN

  1. S1 PERBANKAN SYARI’AH
  2. S1 EKONOMI SYARI’AH
  3. S1 PAI
  4. S1 PGMI
  5. S2 PENDIDIKAN ISLAM

Visi

Menjadi institusi pendidikan tinggi di bidang teknologi yang berwawasan lingkungan dan memiliki keunggulan global untuk membentuk generasi khayra ummah berbasis Islam ahlussunnah wal jama’ah.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan generasi khayra ummah dengan kemampuan akademik di bidang teknologi yang ramah lingkungan dan berjiwa entrepreneur.
  2. Melakukan tri dharma pendidikan tinggi khususnya di bidang teknologi guna meningkatkan taraf kehidupan masyarakat sekitar yang berwawasan lingkungan serta memiliki keunggulan global.

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi di atas, tujuan dirumuskan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan generasi khoiru ummah yang memiliki kompetensi dan/atau profesionalisme yang tinggi dalam bidang teknologi khususnya dalam bidang keteknikan, agroteknologi dan atau teknologi informasi yang berbasis teknologi ramah lingkungan.
  2. Menghasilkan hasil penelitian berupa karya ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal bereputasi nasional dan internasional.
  3. Menerapkan hasil-hasil penelitian untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di sekitar lingkungan FTIKA Unira Malang pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya serta menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan.

Sasaran 

Menjadi fakultas yang menyelenggarakan kurikulum berbasis kompetensi, menggalakkan kegiatan penelitian di lingkungan dosen dan mahasiswa, serta melaksanakan pengabdian masyarakat utamanya pada bidang keteknikan, agroteknologi serta teknologi informasi, sehingga menghasilkan:

  1. Lulusan yang memiliki keterampilan yang berlandaskan kemampuan akademik dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang bidang keteknikan, agroteknologi serta teknologi informasi yang berdasarkan teknologi ramah lingkungan.
  2. Lulusan yang dapat menjaga mutu pendidikan dan mengimplementasikan keahliannya serta dapat memenuhi kebutuhan masyarakat
  3. Lulusan yang mampu menjalin kerjasama dengan pihak terkait untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Program Studi

Fakultas Teknik, Ilmu Komputer dan Agroteknologi (FTIKA) memiliki 5 program studi sarjana, yaitu:

Visi

Mengembangkan generasi Khaira Ummah dalam penguasaan Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial sehingga mampu menghadapi tantangan globalisasi serta memberikan kontribusi bagi kemajuan Indonesia dan Islam yang Rahmatan Lil ‘Alamin

Misi

Untuk mencapai cita-cita luhur yang telah ditetapkan, maka Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Raden Rahmat Malang memiliki misi sebagai berikut:

  1. Menyediakan pelayanan Pendidikan Tinggi di bidang Manajemen dan Ilmu Pemerintahan yang memiliki wawasan ke Indonesiaan dan Islam Rahmatan lil‘alamin dalam rangka menghadapi perkembangan lokal, nasional maupun global.
  2. Mengembangkan dan melakukan penelitian di bidang Ilmu Manajemen dan Ilmu Pemerintahan yang bertujuan meningkatkan perkembangan Ilmu pengetahuan secara luas.
  3. Secara aktif menjalankan program pengabdian kepada masyarakat termasuk menjalin kerjasama dengan lembaga–lembaga lain guna memberikan kontribusi bagi kemajuan peradaban dan solusi atas persoalan-persoalan yang berkembang di luar kampus.

Menyiapkan lulusan khaira ummah untuk menjadi pemimpin masa depan dan tenaga profesional yang memiliki pengetahuan, ketrampilan analisis di program studi yang dipelajari, serta memiliki wawasan internasional dan kepedulian sosial terhadap masyarakat/umat.

Tujuan

Tujuan Umum Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Islam Raden Rahmat Malang adalah menyiapkan lulusan khaira ummah yang memiliki kompetensi dalam hal pengetahuan, ketrampilan analisis di bidang ekonomi dansosial serta memiliki wawasan internasional dan kepedulian sosial terhadap masyarakat dan umat.

Dalam jangka waktu lima tahun kedepan, tujuan umum yang telah ada dijabarkan dalam berbagai sasaran strategik (Strategic Objectives), secara terperinci sebagai berikut :

  1. Menyiapkan peserta didik yang berkualitas dan berdaya saing untuk menjadianggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik serta profesional dibidang ekonomi dan ilmu pemerintahan.
  2. Menyelenggarakan forum ilmiah, diskusi dan dialog serta seminar tentang permasalahan empirik terkait dengan ilmu ekonomi dan ilmu pemerintahanminimal 3 kali dalam satu semester.
  3. Meningkatkan efektifitas proses belajar dan pengoptimalan jumlah karya tulis (artikel) yang dipublikasikan pada jurnal terakreditasi.

Menyelenggarakan pelatihan penguasaan metodologi penelitian dengan tujuan agar mahasiswa dapat lebih mudah dan cepat menyelesaikan tugas akhirnya.

Sasaran

  1. Mensosialisasikan dan mempublikasikan materi belajar mengajar kepada seluruh peserta didik secara massif.
  2. Meningkatkan kemampuan nalar akademik para peserta didik melalui berbagai kegiatan positif konstruktif (forum ilmiah, focus group discuss, kajian rutin, dan penelitian).
  3. Menciptakan situasi dan suasana kerja yang positif demi tercapainya atmosfir akademik yang ideal bagi pengembangan keilmuan di bidang ekonomi dan ilmu pemerintahan.
  4. Menciptakan konsistensi mutu dan kinerja dosen demi tercapainya kualitas pembelajaran yang ideal.
  5. Mengelola kelembagaan secara kolektif kolegial, transparan, dan akuntabel.
  6. Meningkatkan fasilitas belajar-mengajar, sarana dan prasarana sebagai pendukung proses pembelajaran yang baik.
  7. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak baik dengan sesama perguruan tinggi ataupun dengan berbagai institusi pemerintahan yang ada untuk memajukan, mengembangkan dan meningkatkan kualitas lulusan.
  8. Mengupgrade fasilitas laboratorium sehingga layak bagi pengembangan kapasitas mahasiswa.
  9. Memelihara dan merawat fasilitas laboratorium yang ada secara berkesinambungan.

Program Studi

Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS) memiliki 2 program studi sarjana, yaitu:

FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU PENDIDIKAN

  1. S1 PENDIDIKAN IPS
  2. S1 PGSD
  3. S1 PSIKOLOGI