Fakultas Ilmu Keislaman
Pada tahun 1989, diawali dengan berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Raden Rahmat pada Tanggal 16 Maret 1989, telah menghasilkan ribuan alumni dalam bidang agama, khususnya bidang Pendidikan Agama Islam. Mereka bekerja dalam berbagai sektor kehidupan, khusunya pendidikan, dakwah, dan kegiatan sosial kemasyarakatan. Dengan pendekatan dan komunikasi keagamaan yang mereka miliki, para alumni STIT Raden Rahmat telah berperan aktif berpartisipasi dalam pembangunan dan sekaligus mengurangi dampak dan ekses regatif modernisasi. Terlepas dari keberhasilan dan perannya selama ini, STIT Raden Rahmat senantiasa melakukan langkah-langkah pengembangan menuju perguruan tinggi yang modern.
Pada tahun 2010, peralihan status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Raden Rahmat berdasarkan surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam, Nomor: Dj.I/200/2010 tentang Persetujuan Alih Status Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta. Pada tahun 2012, Yayasan dan civitas akademik STAI Raden Rahmat berikhtiar dan berdoa secara maksimal untuk melakukan perubahan status Perguruan Tinggi (PT) menjadi Universitas. Dan pada tahun 2014 pula terbitlah Surat Keputusan Kemendikbud RI Nomor 188/EJ0/2014 tentang Pendirian Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA) Malang.
Pada tahun 2017, STAI Raden Rahmat melakukan integrasi dengan Universitas Raden Rahmat Malang, sehingga STAI Raden Rahmat beralih nama menjadi Fakultas Ilmu Keislaman (FIK) Universitas Islam Raden Rahmat Malang berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1924 Tahun 2017. FIK Universitas Islam Raden Rahmat telah memiliki 4 program studi, yaitu Prodi Pendidikan Agama Islam, PGMI, Ekonomi Syari’ah dan Perbankan Syari`ah. Dengan adanya proses integrasi tersebut, maka Fakultas Ilmu Keislaman dianggap perlu untuk melakukan penyesuaian Visi Misi Fakultas dengan visi misi Universitas Islam Raden Rahmat Malang.
Menjadi Fakultas Ilmu Keislaman berasaskan ahlussunnah wal jama’ah dengan keunggulan kompetitif global dalam membentuk generasi terbaik (khayra ummah) pada tahun 2036.
Misi
Dalam upaya mewujudkan visi tersebut, misi Fakultas Ilmu Keislaman (FIK) Universitas Islam Raden Rahmat adalah:
- Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada pendidikan perdamaian secara unggul dan terpadu;;
- Memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memberdayakan masyarakat, dengan menyelenggarakan pengelolaan fakultas yang berkualitas dan berjejaring global;
- Mengkaji dan mengembangkan ilmu-ilmu ke-Islaman berasaskan ahlussunnah wal jama’ah;
- Menyelenggarakan pembinaan civitas akademika yang beriman, berilmu dan beramal, serta berakhlak mulia berasaskan ahlussunnah wal jama’ah.
Secara umum tujuan FIK Universitas Islam Raden Rahmat bermuara pada upaya pengembangan manusia yang beriman, bertaqwa, bermoral, berakhlak mulia, berilmu, professional, religius dan memiliki integritas dan cinta terhadap bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia. Adapun tujuan Fakultas Ilmu Keislaman secara rinci adalah :
- Mewujudkan civitas akademika yang berkualitas, berakhlak mulia, berintegritas dan berdedikasi tinggi serta memiliki komitmen pada pendidikan perdamaian secara unggul dan terpadu;
- . Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat;
- Meningkatkan pengelolaan fakultas yang berkualitas dengan berjejaring global;
- Mengembangkan bidang ilmu-ilmu ke-Islaman;
- Mewujudkan fakultas ilmu Keislaman yang sehat secara akademik, sehat organisasi dan sehat keuangan
- Tahap pertama : Tahun 2017-2020 pelaksanaan program kerja terfokus kepada : Penyusunan kurikulum, Pengembangan silabus, Penyusunan standart mutu perkuliahan, Pemberlakuan semester pendek, Penyiapan sumber daya manusia yang qualified, Pemantapan sistem registrasi online ke kopertais wilayah IV Surabaya, Penyediaan sarana dan prasarana yang mendukun, Pengembangan layanan administrasi akademik dengan sistem informasi manajemen (SIM).
- Tahap kedua : Tahun 2020-2024 pelaksanaan program kerja terfokus kepada : Meningkatkan daya tampung program studi, Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemanfaatan SDM, rekruitmen pegawai tenaga akademik secara selektif, Pengembangan kerjasama dengan instansi dan pihak yang mendukung pengembangan FIK, Menyempurnakan SIMA, Penerapan manajemen yang efektif dan efisien, Pengelolaan dana pendidikan yang akuntabel.
- Tahap ketiga : Tahun 2024-2028 pelaksanaan program kerja difokuskan kepada : Mengevaluasi pedoman akdemik diantaranya adalah kurikulum, silabus dan kalender akademik, mengembangkan kerjasama kelembagaan, mewujudkan pengabdian yang bermutu bagi masyarakat, memperkuat kemitraan dengan pemerintah pusat, daerah dan swasta, meningkatkan kualitas kegiatan mahasiswa.
No | Program Studi | Akreditasi |
1 | Pendidikan Agama Islam | B |
2 | Pendidikan Guru MI | B |
Program Studi Pendidikan Agama Islam
VisiMenjadi program studi rujukan di bidang pendidikan agama Islam berasaskan Ahlusunnah Wal Jamaah dengan keunggulan kompetitif global dalam membentuk generasi terbaik (Khayra Ummah) Pada tahun 2036.
Misi
- Menyelengarakan program studi yang berkualitas dan profesional di bidang Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berasaskan Islam Ahlus Sunnah Wal Jamaah dalam mewujudkan generasi terbaik (Khaira Ummah).
- Mengembangkan Pendidikan Agama Islam yang unggul dan berdaya saing di tingkat global dengan sistem terpadu berbasis Peace Education
- Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara berkesinambungan di bidang pendidikan Agama Islam
- Menjalin kerjasama dalam pengembangan pendidikan agama Islam di tingkat global
Tujuan
- Meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam melalui kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat berasaskan Islam Ahlus Sunnah Wal Jamaah dalam mewujudkan generasi terbaik (Khaira Ummah).
- Mewujudkan lulusan yang unggul, profesional, dan kompetitif dibidang pendidikan Agama Islam berasaskan Ahlussunnah Wal Jamaah menuju generasi terbaik (Khayra Ummah);
- Mewujudkan kerjasama dalam pengembangan pendidikan agama Islam di tingkat global.
Sasaran
- Meningkatkan kompetensi lulusan di bidang pendidikan agama Islam berasaskan Ahlussunnah Wal Jamaah untuk mewujudkan generasi terbaik (Khaira Ummah)
- Meningkatan kualitas penyelenggaraan Program Studi
- Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan agama Islam
- Meningkatkan kerjasama dalam pengembangan pendidikan agama Islam di tingkat global
No. | Profil Lulusan |
---|---|
1. | Pendidik |
2. | Asisten Peneliti Pendidikan |
3. | Pengembang Bahan Ajar |
4. | Pengelola Lembaga Pendidikan Agama Islam |
Deskripsi Profil Lulusan
No. | Profil Lulusan | Deskripsi Profil |
---|---|---|
1. | Pendidik | Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pendidik dalam bidang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada sekolah (SD, SMP, SMA/SMK) dan rumpun bidang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di madrasah (MI, MTs, MA/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian |
2. | Asisten Peneliti Pendidikan | Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang Pendidikan Agama Islam yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian. |
3. | Pengembang Bahan Ajar | Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pengembang bahan ajar dalam bidang Pendidikan Agama Islam pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian. |
4. | Pengelola Lembaga Pendidikan | Pengelola lembaga pendidikan formal dan nonformal yang bertugas mengelola dan mengembangkan lembaga pendidikan Islam. |
Capaian Pembelajaran
No. | Unsur Kemampuan | Capaian Pembelajaran Lulusan |
---|---|---|
1. | Sikap |
|
2. | Keterampilan Umum |
|
3. | Keterampilan Khusus |
Pendidik
Asisten Peneliti Pendidikan Pengembang Bahan Ajar Pengelola Lembaga Pendidikan |
4. | Pengetahuan |
Pendidik
Asisten Peneliti Pendidikan Menguasai teori-teori terkait pendekatan, metode jenis dan prosedur penelitian baik kualitatif, kuantitatif dan tindakan kelas. Pengembang bahan Ajar Pengelola Lembaga Pendidikan |
Program Studi Pendidikan Guru MI
VisiPada Tahun 2020 menjadi program studi yang unggul dan kompetitif di Tingkat Nasional sebagai pelopor dibidang ilmu pendidikan dasar Islam berlandasakan Islam Ahlusunnah wal jamaah dalam mewujudkan Khayra Ummah.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan profesional dengan sistem terpadu dibidang pembelajaran;
- Menyiapkan guru madrasah ibtidaiyah sebagai tenaga pendidik yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, personal dan sosial;
- Membentuk program studi yang berdaya saing dibidang pendidikan dasar melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
- Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara berkesinambungan melalui Madarasah Ibtidaiyah binaan;
- Menyelenggarakan dan menerapkan pendidikan Islam ahlus sunnah wal Jama’ah dalam mewujudkan Khayra Ummah.
- Lulusan Program studi PGMI yang berkualitas dan profesional dengan sistem terpadu dibidang pembelajaran berkarakter Islam ahlussunnah wal jama’ah dalam mewujudkan Khayra Ummah;
- Lulusan Program Studi PGMI sebagai calon pendidik yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, personal dan sosial berkarakter Islam ahlussunnah wal jama’ah dalam mewujudkan Khayra Ummah;
- Lulusan yang berdaya saing dibidang pendidikan dasar melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Profil Utama | Deskripsi |
---|---|
Pendidik | Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaanpengetahuan, kemampuan manajerialdan tanggung jawab sebagai pendidikguru kelas yang mencakup bidang matapelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, IPA,IPS dan Matematika padasekolah/madrasah (SD/MI) yangberkepribadian baik, berpengetahuanluas dan mutakhir dibidangnya sertamampu melaksanakan tugas danbertanggung jawab berlandaskan ajarandan etika keislaman, keilmuan dan keahlian. |
Profil Tambahan | Deskripsi |
Pengembang Bahan Ajar | Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaanpengetahuan, kemampuan manajerialdan tanggung jawab sebagai pengembangbahan ajar dalam bidang guru kelas yangmencakup bidang mata pelajaran BahasaIndonesia, PPKn, IPA, IPS dan Matematika pada sekolah/madrasah (SD/MI) yang berkepribadian baik,berpengetahuan luas dan mutakhirdibidangnyaserta mampu melaksanakantugas dan bertanggung jawabberlandaskan ajaran dan etika keislaman,keilmuan dan keahlian |
Edupreneur | Wirausahawan dalam bidang pendidikan dasar, dari aspek teknologi, strategi maupun media pembelajaran bagi anak MI/SD |
Capaian Pembelajaran
No. | Profil Lulusan | Capaian Lulusan |
---|---|---|
1. | Sikap dan Tata Nilai |
|
2. | Sikap Khusus dan Tata Nilai |
|
3. | Kemampuan Kerja Umum |
|
4. | Kemampuan Kerja Khusus |
|