Fakultas Ilmu Keislaman

 Pada tahun 1989, diawali dengan berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Raden Rahmat pada Tanggal 16 Maret 1989, telah menghasilkan ribuan alumni dalam bidang agama, khususnya bidang Pendidikan Agama Islam. Mereka bekerja dalam berbagai sektor kehidupan, khusunya pendidikan, dakwah, dan kegiatan sosial kemasyarakatan. Dengan pendekatan dan komunikasi keagamaan yang mereka miliki, para alumni STIT Raden Rahmat telah berperan aktif berpartisipasi dalam pembangunan dan sekaligus mengurangi dampak dan ekses regatif modernisasi. Terlepas dari keberhasilan dan perannya selama ini, STIT Raden Rahmat senantiasa melakukan langkah-langkah pengembangan menuju perguruan tinggi yang modern.
 Pada tahun 2010, peralihan status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Raden Rahmat berdasarkan surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam, Nomor: Dj.I/200/2010 tentang Persetujuan Alih Status Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta. Pada tahun 2012, Yayasan dan civitas akademik STAI Raden Rahmat berikhtiar dan berdoa secara maksimal untuk melakukan perubahan status Perguruan Tinggi (PT) menjadi Universitas. Dan pada tahun 2014 pula terbitlah Surat Keputusan Kemendikbud RI Nomor 188/EJ0/2014 tentang Pendirian Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA) Malang.
 Pada tahun 2017, STAI Raden Rahmat melakukan integrasi dengan Universitas Raden Rahmat Malang, sehingga STAI Raden Rahmat beralih nama menjadi Fakultas Ilmu Keislaman (FIK) Universitas Islam Raden Rahmat Malang berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1924 Tahun 2017. FIK Universitas Islam Raden Rahmat telah memiliki 4 program studi, yaitu Prodi Pendidikan Agama Islam, PGMI, Ekonomi Syari’ah dan Perbankan Syari`ah. Dengan adanya proses integrasi tersebut, maka Fakultas Ilmu Keislaman dianggap perlu untuk melakukan penyesuaian Visi Misi Fakultas dengan visi misi Universitas Islam Raden Rahmat Malang.

Visi
 Menjadi Fakultas Ilmu Keislaman berasaskan ahlussunnah wal jama’ah dengan keunggulan kompetitif global dalam membentuk generasi terbaik (khayra ummah) pada tahun 2036.

Misi
 Dalam upaya mewujudkan visi tersebut, misi Fakultas Ilmu Keislaman (FIK) Universitas Islam Raden Rahmat adalah:
  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada pendidikan perdamaian secara unggul dan terpadu;;
  2. Memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memberdayakan masyarakat, dengan menyelenggarakan pengelolaan fakultas yang berkualitas dan berjejaring global;
  3. Mengkaji dan mengembangkan ilmu-ilmu ke-Islaman berasaskan ahlussunnah wal jama’ah;
  4. Menyelenggarakan pembinaan civitas akademika yang beriman, berilmu dan beramal, serta berakhlak mulia berasaskan ahlussunnah wal jama’ah.
Tujuan
 Secara umum tujuan FIK Universitas Islam Raden Rahmat bermuara pada upaya pengembangan manusia yang beriman, bertaqwa, bermoral, berakhlak mulia, berilmu, professional, religius dan memiliki integritas dan cinta terhadap bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia. Adapun tujuan Fakultas Ilmu Keislaman secara rinci adalah :
  1. Mewujudkan civitas akademika yang berkualitas, berakhlak mulia, berintegritas dan berdedikasi tinggi serta memiliki komitmen pada pendidikan perdamaian secara unggul dan terpadu;
  2. . Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat;
  3. Meningkatkan pengelolaan fakultas yang berkualitas dengan berjejaring global;
  4. Mengembangkan bidang ilmu-ilmu ke-Islaman;
  5. Mewujudkan fakultas ilmu Keislaman yang sehat secara akademik, sehat organisasi dan sehat keuangan
Strategi
  1. Tahap pertama : Tahun 2017-2020 pelaksanaan program kerja terfokus kepada : Penyusunan kurikulum, Pengembangan silabus, Penyusunan standart mutu perkuliahan, Pemberlakuan semester pendek, Penyiapan sumber daya manusia yang qualified, Pemantapan sistem registrasi online ke kopertais wilayah IV Surabaya, Penyediaan sarana dan prasarana yang mendukun, Pengembangan layanan administrasi akademik dengan sistem informasi manajemen (SIM).
  2. Tahap kedua : Tahun 2020-2024 pelaksanaan program kerja terfokus kepada : Meningkatkan daya tampung program studi, Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemanfaatan SDM, rekruitmen pegawai tenaga akademik secara selektif, Pengembangan kerjasama dengan instansi dan pihak yang mendukung pengembangan FIK, Menyempurnakan SIMA, Penerapan manajemen yang efektif dan efisien, Pengelolaan dana pendidikan yang akuntabel.
  3. Tahap ketiga : Tahun 2024-2028 pelaksanaan program kerja difokuskan kepada : Mengevaluasi pedoman akdemik diantaranya adalah kurikulum, silabus dan kalender akademik, mengembangkan kerjasama kelembagaan, mewujudkan pengabdian yang bermutu bagi masyarakat, memperkuat kemitraan dengan pemerintah pusat, daerah dan swasta, meningkatkan kualitas kegiatan mahasiswa.
No Program Studi Akreditasi
1 Pendidikan Agama Islam B
2 Pendidikan Guru MI B

Program Studi Pendidikan Agama Islam

Visi
 Menjadi program studi rujukan di bidang pendidikan agama Islam berasaskan Ahlusunnah Wal Jamaah dengan keunggulan kompetitif global dalam membentuk generasi terbaik (Khayra Ummah) Pada tahun 2036.

Misi
  1. Menyelengarakan program studi yang berkualitas dan profesional di bidang Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berasaskan Islam Ahlus Sunnah Wal Jamaah dalam mewujudkan generasi terbaik (Khaira Ummah).
  2. Mengembangkan Pendidikan Agama Islam yang unggul dan berdaya saing di tingkat global dengan sistem terpadu berbasis Peace Education
  3. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara berkesinambungan di bidang pendidikan Agama Islam
  4. Menjalin kerjasama dalam pengembangan pendidikan agama Islam di tingkat global

Tujuan
  1. Meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam melalui kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat berasaskan Islam Ahlus Sunnah Wal Jamaah dalam mewujudkan generasi terbaik (Khaira Ummah).
  2. Mewujudkan lulusan yang unggul, profesional, dan kompetitif dibidang pendidikan Agama Islam berasaskan Ahlussunnah Wal Jamaah menuju generasi terbaik (Khayra Ummah);
  3. Mewujudkan kerjasama dalam pengembangan pendidikan agama Islam di tingkat global.

Sasaran
  1. Meningkatkan kompetensi lulusan di bidang pendidikan agama Islam berasaskan Ahlussunnah Wal Jamaah untuk mewujudkan generasi terbaik (Khaira Ummah)
  2. Meningkatan kualitas penyelenggaraan Program Studi
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan agama Islam
  4. Meningkatkan kerjasama dalam pengembangan pendidikan agama Islam di tingkat global
Profil Lulusan

No. Profil Lulusan
1. Pendidik
2. Asisten Peneliti Pendidikan
3. Pengembang Bahan Ajar
4. Pengelola Lembaga Pendidikan Agama Islam


Deskripsi Profil Lulusan

No. Profil Lulusan Deskripsi Profil
1. Pendidik Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pendidik dalam bidang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada sekolah (SD, SMP, SMA/SMK) dan rumpun bidang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di madrasah (MI, MTs, MA/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian
2. Asisten Peneliti Pendidikan Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang Pendidikan Agama Islam yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
3. Pengembang Bahan Ajar Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pengembang bahan ajar dalam bidang Pendidikan Agama Islam pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
4. Pengelola Lembaga Pendidikan Pengelola lembaga pendidikan formal dan nonformal yang bertugas mengelola dan mengembangkan lembaga pendidikan Islam.


Capaian Pembelajaran

No. Unsur Kemampuan Capaian Pembelajaran Lulusan
1. Sikap
  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  • Bertanggungjawab sepenuhnya pada nilai-nilai akademik yang diembannya sebagai calon guru pada PAI
  • Memilki komitmen keilmuan dan keIslaman yang memiliki sikap tasammuh, tawasut, tawazun, adil.
  • 2. Keterampilan Umum
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  • Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  • Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
  • 3. Keterampilan Khusus Pendidik
  • Mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia remaja
  • Menganalisis teori-teori pembelajaran sesuai aspek dan tahapan perkembangan, kebutuhan, potensi, bakat, dan minat siswa
  • Memanfaatkan teknologi, informasi dankomunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembanganyang mendidik
  • Mampu merancang media pembelajaran yang menarik dan aplikatif
  • Mampumelaksanakan evaluasi pembelajaran
  • Mampu mengintegrasikan ilmu, agama dan keindonesiaan dalam proses pembelajaran

  • Asisten Peneliti Pendidikan
  • Menerapkan pendekatan, metode, jenis dan prosedur penelitian untuk mengembangkan dibidang Pendidikan Agama Islam
  • Menerapkan langkah dan prosedur pelaksanaan penelitian kualitatif, kuantitatif dan tindakan
  • Memanfaatkan hasil penelitian untuk pengembangan dibidang Pendidikan Agama Islam

  • Pengembang Bahan Ajar
  • Mengembangkan potensi diri sebagai pengembang bahan ajar di lembaga pendidikan pada jalur formal dan nonformal
  • Mampu mengembangkan media , alat dan bahan ajar pembelajaran Pendidikan Agama Islam;

  • Pengelola Lembaga Pendidikan
  • Mengembangkan potensi diri sebagai pengelola, dan sebagai pemimpin di lembaga pendidikan formal dan nonformal.
  • Memberikan kebijakan terhadap pengembangan lembaga formal dan nonformal
  • 4. Pengetahuan Pendidik
  • Mampu menguasai teori-teori ilmu pendidikan, sosiologi pendidikan dan psikologi pendidikan
  • Mampu menjabarkan bahan kajian pengembangan bakat, minat, kognisi, sosial emosional, nilai-nilai agama-moral, bahasa, fisik motorik, dan seni.
  • Mampu menjabarkan bahan kajian keagamaan
  • Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berkaitan dengan pendidikan agama Islam.
  • Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran berbasis TIK
  • Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan
  • Menguasai prinsip perencanaan dan pengembangan kurikulum pendidikan

  • Asisten Peneliti Pendidikan Menguasai teori-teori terkait pendekatan, metode jenis dan prosedur penelitian baik kualitatif, kuantitatif dan tindakan kelas.

    Pengembang bahan Ajar
  • Memiliki pengetahuan manajemen di bidang pendidikan
  • Menguasi konsep dasar lembaga pendidikan pada jalur formal dan nonformal.
  • Kompeten dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi untuk berbagai tingkatan perencanaan
  • Mengembangkan organisasi guna menunjang kompetensi di bidang Pendidikan Agama Islam sesuai dengan kebutuhan
  • Mampu mengoptimalkansumber daya di dalam lembaga pendidikan.
  • Mengelola perubahan dan pengembangan lembaga menuju organisasi pembelajaran yang efektif
  • Menciptakan budaya dan iklim pembelajaran yang kondusif dan inovatif
  • Tanggap isu-isu kontemporer terkait dengan manajemen pendidikan

  • Pengelola Lembaga Pendidikan
  • Memiliki pengetahuan manajemen di bidang pendidikan
  • Menguasi konsep dasar lembaga pendidikan formal dan nonformal.
  • Kompeten dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi untuk berbagai tingkatan perencanaan
  • Mengembangkan organisasi guna menunjang kompetensi di bidang Pendidikan Agama Islam sesuai dengan kebutuhan
  • Mampu mengoptimalkan sumber daya di dalam lembaga pendidikan.
  • Sebagai Agent Of Change dan pengembang lembaga yang efektif dan dinamis
  • Menciptakan budaya dan iklim pembelajaran yang kondusif dan inovatif
  • Tanggap isu-isu kontemporer terkait dengan manajemen pendidikan
  • Program Studi Pendidikan Guru MI

    Visi
     Pada Tahun 2020 menjadi program studi yang unggul dan kompetitif di Tingkat Nasional sebagai pelopor dibidang ilmu pendidikan dasar Islam berlandasakan Islam Ahlusunnah wal jamaah dalam mewujudkan Khayra Ummah.

    Misi
    1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan profesional dengan sistem terpadu dibidang pembelajaran;
    2. Menyiapkan guru madrasah ibtidaiyah sebagai tenaga pendidik yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, personal dan sosial;
    3. Membentuk program studi yang berdaya saing dibidang pendidikan dasar melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
    4. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara berkesinambungan melalui Madarasah Ibtidaiyah binaan;
    5. Menyelenggarakan dan menerapkan pendidikan Islam ahlus sunnah wal Jama’ah dalam mewujudkan Khayra Ummah.
      Tujuan
    1. Lulusan Program studi PGMI yang berkualitas dan profesional dengan sistem terpadu dibidang pembelajaran berkarakter Islam ahlussunnah wal jama’ah dalam mewujudkan Khayra Ummah;
    2. Lulusan Program Studi PGMI sebagai calon pendidik yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, personal dan sosial berkarakter Islam ahlussunnah wal jama’ah dalam mewujudkan Khayra Ummah;
    3. Lulusan yang berdaya saing dibidang pendidikan dasar melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
    Profil Lulusan
    Profil Utama Deskripsi
    Pendidik Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaanpengetahuan, kemampuan manajerialdan tanggung jawab sebagai pendidikguru kelas yang mencakup bidang matapelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, IPA,IPS dan Matematika padasekolah/madrasah (SD/MI) yangberkepribadian baik, berpengetahuanluas dan mutakhir dibidangnya sertamampu melaksanakan tugas danbertanggung jawab berlandaskan ajarandan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
    Profil Tambahan Deskripsi
    Pengembang Bahan Ajar Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaanpengetahuan, kemampuan manajerialdan tanggung jawab sebagai pengembangbahan ajar dalam bidang guru kelas yangmencakup bidang mata pelajaran BahasaIndonesia, PPKn, IPA, IPS dan Matematika pada sekolah/madrasah (SD/MI) yang berkepribadian baik,berpengetahuan luas dan mutakhirdibidangnyaserta mampu melaksanakantugas dan bertanggung jawabberlandaskan ajaran dan etika keislaman,keilmuan dan keahlian
    Edupreneur Wirausahawan dalam bidang pendidikan dasar, dari aspek teknologi, strategi maupun media pembelajaran bagi anak MI/SD

    Capaian Pembelajaran
    No. Profil Lulusan Capaian Lulusan
    1. Sikap dan Tata Nilai
    • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
    • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
    • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
    • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada bangsa dan Negara
    • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
    • Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
    • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
    • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik menunjukkan
    • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
    • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
    2. Sikap Khusus dan Tata Nilai
    • Memiliki kepribadian yang mencerminkan pemahaman terkait etika profesi keguruan yang disarkan pada nilai-nilai agama, moral, dan etika yang berlaku
    • Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yang diembannya sebagai calon guru pada pendidikan dasar MI/SD.
    • Menunjukan karakter seorang pendidik yang dapat menjadi teladan bagi lingkungan masyarakat, bangsa, dan negara,
    • Menghargai perbedaan latar belakang peserta didik baik secara vertical maupun horizontal.
    • Menjujung tinggi kode etik jurnalistik dalam penuliasan karya tulis ilmiah maupun populer.
    • Mampu mempertanggungjawabkan hasil karya tulis yang dimiliki (buku ajar, buku pendidikan, modul, jurnal.
    • Menunjukan etika kerja sebagai seorang Islamic edupreuner
    • Menampilkan sikap pantang menyerah, disiplin, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan edupreunership
    3. Kemampuan Kerja Umum
    • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan keahlian
    • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
    • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
    • Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tuags akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
    • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di keahliannya di berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
    • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
    • Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
    • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
    • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
    • Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja.
    4. Kemampuan Kerja Khusus
    • Mampu merancang dan mengimplementasikan pembelajaran sesuai aspek dan tahapan perkembangan, kebutuhan, potensi, bakat, dan minat anak MI/SD.
    • Mampu merancang dan mengimplementasikan kegiatan pengembangan anak MI/SD berdasarkan kurikulum.
    • Mampu menyusun materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dasar MI/SD.
    • Mampu mengembangkan teknologi, informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan yang mendidik.
    • Mampu merancang dan mengimplementasikan media pembelajaran yang dapat memotivasi perkembangan anak MI/SD.
    • Mampu mendesain dan mengimplementasikan evaluasi pembelajaran anak MI/SD.
    • Mampu mengintegrasikan nilai-nilai keislaman, pengetahuan dan kebudayaan dalam mengembangkan bahan ajar dan media pembelajaran.
    • Mampu menuangkan ide, gagasan, pikiran, pandangan, opini, dan pengetahuan berkaitan dengan pendidikan dasar melalui tulisan yang sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar
    • Mampu merekonstruksi data berkaitan dengan isu-isu, wacana, dan kebijakan-kebijakan berkaitan dengan pendidikan dasar menjadi sebuah informasi tertulis yang relevan dan actual
    • Terampil menggunakan berbagai teknologi informasi dan komunikasi untuk mendapatkan referensi ilmiah dan informasi aktual yang relevan.
    • Mampu mengembangkan dan mempublikasikan karya ilmiah populer dan akademik pada pendidikan dasar MI/SD.
    • Mampu menerapkan prinsip kewirausahaan bagi pengembangan satuan/program pendidikan dasar MI/SD.
    • Mampu menciptakan usaha mikro, kecil, dan menengah dibidang pendidikan dasar MI/SD.
    • Mampu menghasilkan dan mengembangkan produk pembelajaran untuk anak usia dasar MI/SD.
    • Mampu mengintegrasikan ilmu pendidikan, agama dan kewirausahaan dalam menjalankan usaha.
    • Mampu memanfaatkan teknologi dan media untuk pengembangan usaha.
    • Mampu mengevaluasi dan beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam dunia usaha bidang pendidikan dasar MI/SD.
    • Mampu menciptakan atau mengambil peluang usaha untuk kegiatan kewirausahaan.