Fakultas Ilmu Sains dan Teknologi

Fakultas Sains dan Teknologi memiliki nama Fakultas Teknik, Ilmu Komputer dan Agroteknologi (FTIKA). Pada bulan September 2018, melalui SK Rektor No.36/SK/RRR/9/2018 nama fakultas berubah menjadi Fakultas Sains dan Teknologi (F. SAINTEK). F. SAINTEK sendiri mengelola 5 Program Studi Sarjana yaitu: S1 Agroteknologi, S1 Sistem Informasi, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Mesin, dan S1 Teknik Informatika. Setalah berubah nama menjadi Fakultas Sains dan Teknologi, fakultas melakukan evaluasi dan perubahan terhadap visi, misi, tujuan, dan sasaran. Perubahan ini disusun berdasarkan pedoman yang ditetapkan oleh Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang. Perubahan visi, misi, tujuan dan sasaran dilakukan untuk mengakomodasi pandangan seluruh program studi dengan tetap mengacu pada visi, misi, tujuan dan sasaran Unira Malang secara keseluruhan.

Visi
 Menjadi Fakultas Mandiri dan Global Berorientasi Smart Technology dalam Mewujudkan Khayra Ummah

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang sains dan teknologi untuk menghasilkan generasi yang memiliki kemantapan aqidah, kedalaman spiritual, keluhuran ahlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan sains dan teknologi berorientasi smart technology yang berkelanjutan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Program Studi Agroteknologi

Agroteknologi merupakan salah satu program studi di bawah naungan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Raden Rahmat Malang. Program Studi Agroteknologi merupakan program studi yang berfokus pada penguasaan kompetensi lulusan dalam bidang produksi tanaman yang produktif, berkualitas, dan efisien, dengan menerapkan pengelolaan tanaman (genetika, fisiologi, pemuliaan, perbenihan, produksi tanaman, dll), lahan/media tanam (evaluasi lahan, kesuburan dan nutrisi tanaman, pemupukan, mikrobiologi, dll), hama-penyakit-gulma dan agro-ekosistem yang terpadu dan lestari (ramah lingkungan dan berkelanjutan) guna menghasilkan produk yang aman dan sesuai dengan keinginan konsumen/pengguna serta memiliki nilai tambah dan berdaya saing. Program Studi Agroteknologi juga berupaya untuk berkontribusi secara nyata di era industri 4.0 dalam mengatasi beragam permasalahan dalam bidang pertanian-pangan-hortikultura, perbenihan dan perkebunan sehingga mampu menghasilkan produk unggulan.
 Program Studi Agroteknologi UNIRA Malang telah mengimplementasikan kurikulum berbasis capaian pembelajaran (learning outcomes), yaitu Kurikulum Pendidikan Tinggi 2016 yang berorientasi KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dengan metode pembelajaran berpusat pada mahasiswa (student-centred learning/SCL). Jenis metode pembelajaran yang sering digunakan dalam metode pembelajaran SCL ini antara lain: praktikum (laboratorium dan lapangan)/project-based learning), diskusi kelompok/small-group discussion, problem-based learning, role play and simulation, research-based learning, guna menyusun makalah individu/kelompok, essay, laporan dan lain-lain.
 Gelar yang diperoleh oleh para lulusan adalah Sarjana Pertanian (S.P.).

Visi
Menjadi Program Studi yang unggul, kompetitif dan global pada tahun 2036 dalam pengembangan dan penyebarluasan ilmu pertanian yang berwawasan lingkungan dalam mewujudkan khayra ummah.

Misi

  1. Mengembangkan riset dalam bidang pertanian yang berwawasan lingkungan.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pertanian yang berwawasan lingkungan bagi pemberdayaan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan dan menerapkan pendidikan Islam ahlussunnah waljama’ah dalam mewujudkan Khayra Ummah dalam pengembangan ilmu pertanian.

Profil Lulusan

 Penentuan profil lulusan Program Studi Agroteknologi di Indonesia telah ditetapkan dalam Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian (FKPTPI), melalui serangkaian program pendidikan akademik dan non akademik maka Lulusan Program Studi adalah seorang ahli di bidang Agroteknologi (teknologi produksi dan pengolahan hasil pertanian selaras lingkungan) yang memiliki profil sebagai:

  1. Petani handal di bidang pertanian atau bidang lain yang mendukung bidang pertanian. Termasuk ke dalam kelompok ini adalah wirausahawan (entrepreneur) yang bergerak di bidang pertanian atau bidang lain yang mendukung bidang pertanian.
  2. Pendidik/Penyuluh/Pemberdaya Masyarakat adalah yang meliputi: dosen di perguruan tinggi penyelenggaran pendidikan pertanian, widyaiswara, dan guru sekolah kejuruan bidang pertanian, penyuluh dan pemberdaya masyarakat bidang masyarakat.
  3. Peneliti yang bekerja di lingkup pertanian, baik di lembaga-lembaga litbang pertanian, pusat pusat penelitian/pusat-pusat kajian pertanian, balai-balai penelitian, dan perguruan tinggi penyelenggaran pendidikan pertanian.
  4. Pelaku bisnis pertanian adalah pelaku bisnis pertanian ataupun yang mendukung bidang pertanian.
  5. Manajer dari suatu usaha/bisnis di bidang pertanian atau bidang lain yang mendukung bidang pertanian. Termasuk ke dalam kelompok ini adalah perencana, penyelenggara, penggerak, dan pengendali (mengacu kepada prinsip-prinsip manajemen: PDCA) dari suatu kegiatan pertanian atau kegiatan yang berkaitan dengan pertanian.

Capaian Pembelajaran Lulusan

  1. Sikap
    • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
    • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
    • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
    • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
    • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
    • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
    • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
    • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
    • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
    • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
    • Mampu mengimplementasikan nilai-nilai ahlussunnah waljama’ah dan Khayra Ummah.
    • Mampu bersikap objektif, independen serta menjunjung tinggi etika profesi.
  2. Pengetahuan
    • Menguasai pengetahuan dan teknologi produksi tanaman yang efektif (dari pra-produksi, produksi, panen hingga pasca panen) dalam sistem pertanian berkelanjutan untuk mendukung perancangan, pengelolaan, dan penerapan bisnis pertanian serta mampu menyelesaikan masalah pertanian berkelanjutan yang berbasis ilmu dengan metode penelitian yang benar dan tepat guna.
    • Menguasai pengetahuan umum tentang prinsip-prinsip kepemimpinan, komunikasi, dan manajemen sumberdaya lahan, manusia, dan lingkungan sehingga mampu mengimplementasikan dalam dunia kerja.
    • Menguasai konsep teoritis secara umum dan prinsip-prinsip pengelolaan organisme pengganggu tanaman terpadu, ilmu pemuliaan tanaman, dan pengelolaan sumber daya lahan dan hayati.
    • Menguasai metodologi penelitian meliputi perancangan percobaan, metode survei, dan metode statistika dalam analisis data.
    • Menguasai konsep teoritis tentang ilmu dan teknologi tanaman, ilmu dan teknologi media tanam, ilmu dan teknologi lingkungan, dan teknologi produksi tanaman bekelanjutan.
  3. Keterampilan Umum
    • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
    • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
    • Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
    • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
    • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
    • Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
    • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
    • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  4. Keterampilan Khusus
    • Mampu menerapkan teknologi produksi tanaman yang berorientasi pada peningkatan, efesiensi, kualitas, dan keberlanjutan produksi yang dilandasi pada penguasaan ilmu dasar agronomi, pemuliaan tanaman, perlindungan tanaman, ilmu tanah, dan sosial ekonomi pertanian yang sesuai dengan GAP (Good Agricultural Practices).
    • Mampu mengidentifikasi, merumuskan dan mencari solusi pemecahan masalah dalam teknologi produksi tanaman dalam sistem pertanian berkelanjutan berdasarkan analisis informasi dan data.
    • Mampu merencanakan, merancang, melaksanakan dan mengevaluasi teknologi produksi tanaman yang efektif dan produktif, dan mampu mengaktualisasikan potensi diri untuk bekerjasama dalam tim yang multidisiplin serta mampu bertanggungjawab terhadap pencapaian hasil kerja organisasi.
    • Mampu mengimplementasikan dan mengembangkan usaha inovatif bidang teknologi produksi tanaman dalam pertanian berkelanjutan dan mampu mengkomunikasikan serta menjalin kerjasama secara efektif dengan mengikuti etika bisnis.
    • Mampu merencanakan, merancang, mengimplementasikan, mengembangkan dan mengevaluasi teknologi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan (green technology).

    Program Studi Teknik Elektro

    Program Studi S-1 Teknik Elektro (PS TE) Universitas Islam Raden Rahmat merupakan salah satu program studi bidang eksak yang dibawah naungan Fakultas Sains dan Teknologi. PS TE mendapatkan SK pendirian dan ijin operasional nomor 188/E/O/2014 pada tanggal 8 Juli 2014. Bersamaan dengan SK perubahan STAI Raden Rahmat menjadi Universitas Islam Raden Rahmat yang merupakan naungan Yayasan Perguruan Tinggi Islam Raden Rahmat. Alamat kantor PS TE berada pada Jl. Raya Mojosari No. 2, Kepanjen – Kabupaten Malang, Jawa Timur. Program Studi S-1 Teknik Elektro (PS TE) Universitas Islam Raden Rahmat telah terakreditasi C berdasarkan keputusan BAN PT no.1847/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019.

    Visi

     Menjadi Program Studi yang Berorientasi Pada Green Technology dan Berdaya Saing Nasional, Dijiwai Nilai-Nilai Khayra Ummah Pada Tahun 2029.

    Misi

    1. Melaksanakan tridharma perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan bidang teknik elektro yang memiliki kemantapan aqidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan professional.
    2. Mengembangkan riset dalam bidang sains dan teknologi yang ramah lingkungan serta dapat dimanfaatkan bagi kepentingan bangsa dan kemanusiaan.
    3. Menjalin kerjasama dengan mitra-mitra lain pada tingkat nasional.

    Capaian Pembelajaran Lulusan

    1. Sikap
      • Mampu menunjukkan sikap religius dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
      • Mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
      • Mampu berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
      • Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila;
      • Mampu bekerja sarna dan rnenunjukkan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap rnasyarakat dan lingkungan;
      • Mampu menunjukkan penghargaan terhadap keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
      • Mampu menunjukkan ketaatan hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
      • Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
      • Mampu menunjukkan internalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
      • Mampu menunjukkan intemalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
    2. Pengetahuan
      • Kemampuan mendapatkan dan menerapkan pengetahuan matematika level universitas termasuk kalkulus integral¬ diferensial, aljabar tinier, variable kompleks, serta probabilitas dan statistik
      • Kemampuan menerapkan pengetahuan dan praktikum fisika dan sains dasar lain yang sesuai dengan nama program studi
      • Kemampuan menerapkan pengetahuan komputasi yang diperlukan untuk menganalisa dan merancang divais atau sistem kompleks
      • Kemampuan menerapkan pengetahuan inti (core knowledge) bidang teknik elektro termasuk rangkaian elektrik, sistem dan sinyal, sistem digital, elektromagnetik, dan elektronika
      • Kemampuan menerapkan pengetahuan keluasan (breadth knowledge) yang mencakup sejumlah topik kerekayasaan yang sesuai dengan nama program studi
      • Kemampuan menerapkan setidaknya satu bidang pengetahuan kedalaman (depth knowledge) yang sesuai dengan nama program studi
      • Kemampuan menerapkan dan keterampilan yang diperoleh dari perkuliahan sebelumnya dalam kegiatan desain rekayasa.
    3. Keterampilan Umum
      • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
      • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
      • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahli annya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
      • Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
      • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
      • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
      • Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
      • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
      • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
    4. Keterampilan Khusus
      • Kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam dan/ atau material, teknologi informasi dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip
      • Kemampuan mendesain komponen, sistem dan atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/ atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
      • Kemampuan mendesain dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/ atau lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknik.
      • Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan teknik.
      • Kemampuan menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang modem yang diperlukan untuk praktek keteknikan.
      • Kemampuan berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan
      • Kemampuan merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas didalam batasan-batasan yang ada secara sistematis
      • Kemampuan bekerja dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya.
      • Kemampuan untuk bertanggung jawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik.
      • Kemampuan memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kontemporer yang relevan.

    Program Studi Teknik Informatika

    Visi

     Menyelenggarakan pendidikan tinggi serta wadah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Teknik Informatika, yang unggul di Indonesia dan berperan aktif dalam memajukan dan mensejahterakan bangsa dan negara yang dijiwai oleh nilai-nilai Islam Ahlussunnah Waljama’ah yang akan tercapai dalam tahun 2025.

    Misi

    1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dan pendidikan berkelanjutan di bidang Teknik Informatika.
    2. Membangun IPTEK dalam bidang teknik informatika yang unggul dan menjadi rujukan bagi kesejahteraan masyarakat dan kemanusiaan
    3. Mendiseminasikan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pandangan/ wawasan teknologi yang dimilikinya ke masyarakat luas, baik melalui lulusannya, kemitraan pihak dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kualitas dan kinerja prodi.
    4. Berperan aktif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia bidang Teknik Informatika yang menjunjung tinggi tata nilai, etika, norma, budaya berdasarkan Pancasila melalui proses pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang berkualitas.

    Tujuan

      Menghasilkan lulusan bidang Teknik Informatika yang mempunyai kemampuan akademik, manajerial, berdaya saing tinggi, berjiwa kewirausahaan, mandiri, profesional serta mampu mengembangkan dan atau merancang ilmu pengetahuan dan teknologi informatika serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan manfaat bagi masyarakat dan kelestarian lingkungan hidup.

    Profil Lulusan

     Lulusan di bidang Teknik Informatika ini diharapkan mampu menerapkan pemikiran logis, kritis dan sistematis dalam mengaplikasikan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan informatika dan komputer untuk menyelesaikan masalah. Selain itu lulusan ini diharapkan mampu menunjukkan pemahaman tentang body of complex knowledge secara sistematis dan utuh serta memiliki dasar untuk studi lanjut pascasarjana dan karir profesional.


    No. Profil Lulusan Deskripsi Profil
    1. IT Programmer Adalah profil lulusan Teknik Informatika yang mampu membuat program baik aplikasi maupun sistem operasi dengan bahasa pemrograman yang ada serta mampu menguasai logika dan algoritma pemrograman yang ada.
    2. Perekayasa Perangkat Lunak Adalah profil lulusan teknik informatika yang mampu dalam mendesain, mengembangkan dan melakukan tes pada perangkat lunak dan mampu melakukan analisa kebutuhan perangkat lunak yang didukung dengan perkembangan teknologi terkini.
    3. Pengembang Sistem Cerdas Adalah profil lulusan teknik informatika yang mampu merancang sistem cerdas, area pengembangan bidang sistem kecerdasan buatan, komputasi berkinerja tinggi, grafika komputer, dll
    4. Perancang dan Pengembang Game Adalah profil lulusan teknik informatika yang mampu memahami konsep game design, memahami teknis pembuatan game, membuat produk game dan memahami proses kolaboratif pengembangan game.
    5. Perekayasa Jaringan Komputer Adalah profil lulusan teknik informatika yang mampu menganalisis data pada jaringan untuk menentukan pemakaian jaringan, ketersediaan disk space, atau fungsi dari server. Melakukan konfigurasi dan menentukan parameter-parameter untuk keperluan instalasi, pengaturan keamanan dan hak akses atau testing dari LAN, WAN, atau peralatan jaringan lainnya. Mengidentifikasi masalah dalam jaringan. Mampu menggunakan perangkat lunak dan peralatan testing. Melakukan instalasi perangkat keras baru atau sistem perangkat lunak atau komponen dan memastikan integrasinya dengan sistem jaringan yang ada. Profil ini mendukung arsitek dan penganalisis jaringan dalam melakukan pemodelan, analisa dan perencanaan jaringan komputer
    6. Akademisi/tenaga pendidik Adalah profil lulusan teknik informatika yang mampu mengimplementasikan teori yang ada dengan praktek di lapangan untuk menunjang pembelajaran yang efektif dan sampai kepada sasaran.


    Capaian Pembelajaran Lulusan

    1. Sikap
      • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
      • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
      • Menginternalisasi nilai-nilai Islam Ahlusunnah wal Jamaah;
      • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
      • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
      • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
      • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
      • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
      • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
      • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
      • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
      • Mampu bersikap objektif, independen serta menjunjung tinggi etika profesi.
    2. Pengetahuan
      • Menguasai ilmu-ilmu dasar kuantitatif terutama logika, matematika, statistika, dan dasar-dasar ilmu komputer;
      • Menguasai konsep teoritis yang mengkaji, menerapkan dan mengembangkan serta mampu memformulasikan dan mampu mengambil keputusan yang tepat dalam penyelesaian masalah;
      • Mempunyai pengetahuan dalam penyusunan algorithma pemrograman yang efektif dan efisien serta dapat merancang, membangun dan mengelola aplikasi teknik informatika secara tepat dan akurat untuk pendukung pengambilan keputusan;
      • Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Teknik Informatika secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural;
      • Mampu melakukan analisis & desain dengan menggunakan kaidah rekayasa software dan hardware serta algorithma dengan menggunakan tools dan dapat menunjukkan hasil dan kondisi yang maksimal;
      • Menguasai secara mendalam kajian ilmu komputer;
      • Memiliki pengetahuan untuk memodelkan data, memodelkan proses-proses bisnis, memodelkan object, dan merekayasa kebutuhan informasi dan teknologi sehingga dapat menyelesaikan permasalahan dalam organisasi;
      • Mampu memahami isu dan etika dalam pengembangan perangkat lunak;
      • Menguasai kerangka kerja tata kelola teknologi informasi dan peraturan perundangan yang berlaku;
      • Mampu menawarkan solusi inovatif dalam penyelesaian masalah yang mengikuti perkembangan teknologi;
      • Memiliki dasar pengetahuan bisnis dan kepemimpinan.
    3. Keterampilan Umum
      • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
      • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
      • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahli annya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
      • Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam halaman perguruan tinggi;
      • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
      • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
      • Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
      • Bertanggungjawab pada pekerjaan secara mandiri ,dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok. Adaptif, komunikatif, estetis, etis, filantropis, apresiatif serta partisipatif;
      • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
    4. Keterampilan Khusus
      • Mampu mengidentifikasi, merumuskan, dan memodelkan permasalahan organisasi dengan menggunakan metode pengembangan sistem untuk menghasilkan desain solusi yang efektif dan efisien;
      • Mampu mendesain dan mengimplementasikan aplikasi perangkat lunak dengan menggunakan teknik pemrograman terkini untuk menghasilkan solusi yang dapat meningkatkan kinerja organisasi;
      • Mampu memodelkan, mendesain, mengimplementasikan, dan mengelola data dengan menggunakan sistem manajemen basis data untuk menghasilkan informasi yang berkualitas;
      • Mampu menerapkan dasar matematika teknik, diskrit dan metode numerik serta prinsip rekayasa perangkat lunak dalam mengembangkan aplikasi menggunakan pendekatan pemrograman terstruktur dan pendekatan pemrograman berbasis objek sehingga menghasilkan karya yang aplikatif;
      • Mampu menyajikan beberapa alternative solusi rancangan dan membuat keputusan pilihan berdasarkan pertimbangan keilmuan teknik informatika;
      • Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi pada proses bisnis / industri;
      • Mampu secara konsep, desain dan mengimplementasikan penelitian untuk mengembangkan pengetahuan baru yang signifikan pada ilmu informatika dan komputer;
      • Mampu mengelola seluruh siklus hidup proyek TI dengan mengaplikasikan praktek-praktek terbaik manajemen proyek untuk mengoptimalkan penggunaan sumberdaya TI;
      • Mampu memanfaatkan perkembangan teknologi perangkat lunak dan jaringan komputer terkini dan mampu melanjutkan pengembangan diri;

      Program Studi Teknik Mesin

      Program Studi Teknik Mesin merupakan salah satu program studi bidang eksakta di Fakultas Sains dan Teknologi (F. Saintek). Dengan mempertimbangkan program studi lain yang sudah ada di F. Saintek, Prodi Teknik
      Mesin Unira Malang menentukan teknologi manufaktur dan energi terbarukan sebagai konsentrasinya. Program Studi Teknik Mesin Unira Malang telah bertekad untuk menghasilkan profil lulusan yang berkualitas sebagai “Mechanical Engineers” dengan
      berpegang teguh prinsip “Khayra Umma”. Profil lulusan di Prodi Teknik Mesin telah diselaraskan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) berdasarkan Peraturan Presiden nomor 8 tahun 2012, Standar Nasional Pendidikan Tinggi berdasarkan
      Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 49 tahun 2014, visi dan misi Unira Malang, dan kompetensi lulusan yang didefinisikan oleh Badan Kerja Sama Teknik Mesin (BKSTM) sebuah organisasi lembaga yang menyediakan pendidikan Teknik Mesin di
      Indonesia.

      Visi

       Menjadi program studi yang mampu menciptakan teknologi yang inovatif di bidang teknik mesin dalam mewujudkan generasi khayra ummah.

      Misi

      1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang profesional yang mampu menguasai, menerapkan, mengembangkan dan melakukan inovasi di bidang teknik mesin.
      2. Memberikan kontribusi di bidang teknik mesin melalui kegiatan program penelitian.
      3. Menyelenggarakan pembelajaran yang berkesinambungan dan pelayanan yang optimal untuk meningkatkan kualitas lulusan khususnya di bidang teknik mesin.
      4. Berperan aktif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang teknik mesin yang menjunjung tinggi tata nilai, etika, norma, budaya berdasarkan Pancasila melalui proses pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

      Profil Lulusan

       Kualifikasi lulusan program sarjana Teknik Mesin, Universitas Islam Raden Rahmat, merujuk pada bidang pekerjaan atau jenis pekerjaan yang berkaitan langsung dengan industri. Adapun profil lulusan yang diharapkan dapat berperan sebagai:

      1. Perancang Sistem Mekanis dan Energi Terbarukan: Mampu merancang dan mewujudkan serangkaian mesin dan peralatan pendukung untuk suatu tujuan tertentu.
      2. Pengawas Industri Menegah dalam Bidang Mesin Untuk Satu Jenis Aktifitas: Mampu mengendalikan mesin, operator, dan proses pengerjaannya termasuk bahan baku.
      3. Sosio-Teknopreneur di Bidang Teknik Mesin: Mampu melihat dan memanfaatkan peluang dalam bidang Teknik Mesin untuk mendapatkan keuntungan secara ekonomis.
      4. Ilmuwan di Bidang Teknik Mesin : Mampu bertanggungjawab dan bekerja secara profesional, serta memenuhi etika keinsinyuran dalam memecahkan masalah keteknikan dengan mempertimbangkan dampak sosial, ekonomi dan lingkungan secara global.

      Capaian Pembelajaran Lulusan

      1. Sikap
        • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
        • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
        • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
        • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
        • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
        • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
        • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
        • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
        • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secar mandiri;
        • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
        • Mampu mengimplementasikan nilai-nilai ahlussunnah wal jama’ah dan khoiro ummah.
      2. Pengetahuan
        • Memahami ilmu dasar bidang teknik yaitu matematika, fisika, kimia dan ilmu dasar teknik mesin
        • Memahami dan menganalisa proses, pemilihan, dan karakterisasi material teknik dalam perancangan komponen mesin
        • Memahami konsep dasar dalam menggambar mesin baik secara manual ataupun menggunakan komputer sebagai penunjang analisis dalam perancangan komponen mesin.
        • Menguasai konsep teoritis secara umum cara-cara pengujian dan pengukuran
        • Menguasai pengetahuan tentang perkembangan teknologi terbaru dan terkini
        • Menguasai prinsip dan tata cara kerja bengkel dan kegiatan laboratorium serta pelaksanaan Keselematan dan Kesehatan Kerja (K3)
        • Memahami tentang kewirausahaan dan proses untuk menghasilkan inovasi
        • Memahami dan memiliki komitmen terhadap etika dan profesi
        • Memahami konsep dasar dalam perancangan dan perencanaan teknik mesin berbasis komputer serta standar dan kode (code and standard)
        • Memahami tanggung jawab sosial budaya, global, lingkungan dan bisnis dari seorang insinyur profesional, serta pemahaman terhadap kebutuhan dan prinsip-prinsip pemba-ngunan berkesinambungan;
      3. Keterampilan Umum
        • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
        • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
        • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
        • Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
        • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
        • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
        • Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
        • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
        • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
      4. Keterampilan Khusus
        • Mampu menerapkan pengetahuan matematika, ilmu sains dasar serta dasar-dasar ilmu teknik untuk mengidentifikasi, merumuskan, dan menyelesaikan masalah bidang teknik mesin
        • Mampu merancang komponen, mengoperasikan, mengelola, dan merawat mesin dan sistem yang berhubungan dengan permesinan
        • Mampu merancang, melaksanakan eksperimen, menganalisis, serta menafsirkan data yang diperoleh
        • Mampu memanfaatkan metode, keterampilan, dan peralatan teknik modern yang diperlukan untuk pekerjaan teknik
        • Mampu berkomunikasi secara efektif, tidak hanya dengan sesama sarjana teknik tapi juga dengan masyarakat umum termasuk kemahiran dalam berbahasa asing (bahasa inggris)
        • Memiliki kemampuan bekerja secara efektif baik secara individual maupun dalam tim multi-disiplin atau multi-budaya
        • Mampu melaksanakan proses belajar sepanjang hayat.

        Program Studi Sistem Informasi

        Visi
        Menjadi program studi unggul dan terkemuka dalam bidang Sistem Informasi di tingkat nasional dan internasional, serta berperan serta dalam pengembangan masyarakat ilmiah, yang beradab, dan berlandaskan agama yang dijiwai oleh nilai-nilai Islam Ahlussunnah waljama’ah.

        Misi

        1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dan pengajaran yang berkualitas untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mampu menguasai, menerapkan, mengembangkan dan melakukan inovasi di bidang Sistem Informasi.
        2. Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan Sistem Informasi.
        3. Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang Sistem Informasi kepada masyarakat/ lembaga/ industri/ pemerintah, baik melalui lulusannya, kemitraan, maupun melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
        4. Berperan aktif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia bidang Sistem Informasi yang menjunjung tinggi tata nilai, etika, norma, budaya berdasarkan Pancasila melalui proses pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang berkualitas.

        Tujuan

          Menghasilkan lulusan bidang Sistem Informasi yang mempunyai kemampuan akademik, manajerial, berdaya saing tinggi, berjiwa kewirausahaan, mandiri, profesional serta mampu mengembangkan dan atau merancang ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan manfaat bagi masyarakat dan kelestarian lingkungan hidup.

        Profil Lulusan

         Kurikulum Program studi Sistem Informasi Unira Malang didesain untuk menghasilkan lulusan yang mampu berperan dalam beberapa posisi sebagai berikut:

        No. Profil Lulusan Deskripsi Lulusan
        1. Pengembang Sistem Informasi (IS Developer) yakni peran yang mencakup perancang, pembuat, penguji, pengevaluasi, pembuat aturan bisnis, hingga menyiapkan sumber-daya pendukung sistem informasi (SI) agar tujuan/ permasalahan bisnis organisasi dapat tercapai/diselesaikan dengan efisien dan efektif melalui bantuan SI. Peran ini dapat dilakukan diantaranya oleh Manajer Proyek SI, Analis Sistem (System Analyst), Analis Sistem Bisnis (Business System Analyst), Perancang Sistem (System Designer), Programmer, dan Arsitek Aplikasi (Application Architect).
        2. Konsultan dan Auditor Sistem (Consultant & System Auditor) yakni peran yang mencakup supervisi, evaluasi dan konsultasi solusi Sistem informasi (TI), serta integrasi berbagai proses bisnis yang difasilitasi dengan SI termasuk di level enterprise. Peran ini dapat dilakukan diantaranya oleh Konsultan SI, Practice Manager, Enterprise Architect, dan Spesialis ERP.
        3. Spesialis Basis Data (Database Specialist) yakni peran yang mencakup perancang, pembangun, perawatan (termasuk updating), hingga analisis basis data. Peran ini dapat dikerjakan antara lain oleh Database Designer, Database Programmer, Database Administrator, Analis Data (Data Analyst), Data Warehouse Analyst, dan Business Intelligence Analyst.
        4. Akademisi SI (IS Academician) yakni peran yang terkait sikap seorang intelektual seperti kritis, analitis, menghasilkan karya ilmiah, dan melakukan pengabdian kepada masyarakat. Peran ini dapat dikerjakan antara lain oleh mahasiswa S2 Sistem Informasi.