Salah satu kendala terbesar mahasiswa dalam menyelesaikan tugas perkuliahan baik berupa artikel ilmiah, makalah maupun tugas akhir (skripsi/tesis/disertasi) adalah keterbatasan kemampuan mahasiswa dalam mengumpulkan informasi, data, referensi terkait dengan topik penelitannya. Ditambah lagi budaya berburu referensi di perpustakaan juga merupakan hal yang relatif kurang diminati. Tentu ini bukan sekedar terkait tentang kondisi perpustakaan, melainkan juga keterbatasan referensi juga menjadi keengganan bagi mahasiswa untuk mencari referensi di perustakaan. Maka salah satu jalan yang dapat ditempuh adalah dengan memanfaatkan teknologi dan literatur digital yang dapat dengan mudah diakses.
Pun demikian, referensi digital juga bukan tidak memiliki dampak dan resiko. Beberapa referensi digital yang tidak terverifikasi dengan baik juga menjadikan kerancuan pengetahuan maupun metodologi dalam penyusunan tugas akhir atau karya ilmiah. Hanya referensi yang memiliki kategori “layak” dapat dipergunakan sebagai referensi dalam penulisan tugas akhir.
Menyikapi kondisi yang demikian, ditambah dengan keterbatasan kemampuan dalam literasi digital khususnya yang berhubungan dengan karya ilmiah, maka Prodi Pendidikan Agama Islam Universtas Islam Raden Rahmat Malang menyelenggarakan Pelatihan Software Pendukung Pembuatan Artikel Ilmiah, Makalah dan Skripsi Mahasiswa pada Ahad, 27 November 2022.
Antusiasme peserta begitu tinggi, tampak dari kehadiran peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Tak kurang dari 200 mahasiswa hadir dan menyimak dengan penuh antusias paparan narasumber terkait topik diskusi tersebut. Kegiatan tersebut dipandu langsung oleh Zaidun Na’im M.Pd.I yang juga merupakan Kaprodi MPI STAI Ma’had Aly disalah satu perguruan tinggi di Malang. Mahasiswa juga diajak untuk praktek langsung dengan mengakses langsung beberapa aplikasi yang dapat dipergunakan sebagai rujukan dalam penulisan karya ilmiah.
Kaprodi PAI Unira Malang, Siti Muawanatul Hasanah, M.Pd.I menyampaikan bahwa dengan kegiatan ini peserta diajak untuk lebih memhami terkait kaidah penulisan artikel ilmiah, yang pada ujungnya diharapkan mereka mampu melakukan proses percepatan dalam penyelesaian tugas penyusunan artikel ilmiah khususnya tugas akhir berupa skripsi. (Hum/elk)